Perbedaan Chrome dan Chromium? Manfaatnya - Kode Cuan

Perbedaan Chrome dan Chromium? Manfaatnya

KodeCuan - Selain Google Chrome ada juga salah satu browser yang sering digunakan yang mirip dengan Google Chrome. Browser tersebut adalah Chromium Browser. Jika dipandang secara sekilas, anda mungkin beranggapan bahwa Google Chrome dan Chromium Browser sama saja, tetapi kedua aplikasi peramban Internet tersebut sebetulnya berbeda.

Perbedaan Chrome dan Chromium

Perbedaan Chrome dan Chromium? Manfaatnya

Chrome

Google sudah menambahkan fitur untuk laporan kerusakan dan statistik penggunaan pada Chrome dengan mengirimkan data ke server Google. Fitur ini menyangkut data umum seperti informasi perangkat, sistem operasi, pengaturan Chrome, kunjungan web yang punya malware, dan lain sebagainya.

software Chrome menggunakan GoogleUpdate di Windows agar browser ini selalu mendapatkan versi terbarunya secara otomatis. 

Chrome, Google sudah menyediakan Chrome Web Store yang berfungsi untuk menambahkan ekstensi yang mempermudah kamu menjelajahi dunia maya. Untuk Chromium tidak ada.

Usage Tracking termasuk fitur yang memberatkan sebagian pengguna Google Chrome, karena Google Chrome akan memata-matai aktifitas penggunanya; mulai dari histori web; kueri pencarian; lokasi pengguna; sistem operasi yang digunakan dan sebagainya. Hal ini mereka lakukan untuk kepentingan iklan, dan juga untuk membangun recommender-system bagi pengguna. Akan tetapi, tentu saja bisa fitur ini bisa dinonaktifkan melalui halaman pengaturan.


Chromium

Chromium adalah jenis open-source web browser yang dikembangkan dan dikelola oleh The Chromium Project.

Penggunaan Chromium lebih mudah dan ringan di bandingkan Chrome, untuk yang suka berselancar dan browsing sana sini pasti sangat lancar dengan software Chromium dan rekomendasi. Walaupun belum banyak support.

Comments


EmoticonEmoticon