PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN CARA VEGETATIF - Kode Cuan

PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN CARA VEGETATIF

KodeCuan -  Secara umum, perkembangbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua, yaitu secara vegetatif dan secara generatif. Mari kita mempelajari cara perkembangbiakan tumbuhan.



Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif

 Perkembangbiakan secara vegetatif adalah cara perkembangbiakan makhluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan Perkawinan adalah makhiuk hidup peristiwa bertemunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina Parkembangbiakan vegetatif hanya melibatkan satu induk saja Makhluk hidup baru (keturunan) berasal dari bagian tubuh induknya (satu induk) Karena hanya melibatkan satu induk, maka makhluk hidup baru memiliki sifat biologis yang sama dengan induknya .

A. Perkembangbiakan secara vegetatif alami terdiri dari

1) membelah diri
2) spora
3) akar tinggal
4) umbi lapis
5) umbi batang
6) umbi akar
7) tunas

Cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami diuraikan lebih lanjut berikut ini.

1) Membelah diri

Tumbuhan tingkat rendah berkembang biak dengan membelah diri. Tum- buhan tingkat rendah itu terdiri atas satu sel, misalnya ganggang hijau Jadi, ganggang hijau memperoleh keturunan dengan cara membelah sel tubuhnya menjadi dua.

2) Spora

Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora antara lain tumbuhan paku, jamur dan ganggang. Spora berbentuk seperti biji ,tetapi sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata saja. Spora dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop.

3) Akar tinggal (rizoma)

Akar tinggal atau Rizoma merupakan batang yang tertanam dan tumbuh di dalam tanah.

4) Umbi lapis

Bawang merah mempunyai bentuk berlapis-lapis. Umbi yang berlapis-lapis dan di tengahnya tumbuh Tunas disebut umbi lapis.


5) Umbi batang

Umbi jalar dan kencang merupakan jenis umbi batang. Ujung batang tersebut mengembung membentuk umbi untuk menyimpan cadangan makanan terutama zat tepung.

6) Umbi akar

Akar yang berubah berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan sebut umbi akar.

7) Tunas

Tumbuhan dikatakan berkembang biak dengan tunas apabila Tunas dari tumbuhan induk tumbuh menjadi tumbuhan baru seperti pisang.

B. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan terjadi dengan buatan manusia.

1) Cangkok

Pernahkah kamu melihat tumbuhan yang sedang di cangkok. Banyak jenis tumbuhan yang dapat dicangkok.Jenis tumbuhan yang biasa di cangkok adalah pohon buah-buahan,misalnya mangga, jeruk, dan jambu.

Comments


EmoticonEmoticon