Arti Perkembangbiakan Hewan dan Cara Perkembangbiakanya - Kode Cuan

Arti Perkembangbiakan Hewan dan Cara Perkembangbiakanya

KodeCuan - Hewan berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Cara perkem- bangbiakan hewan ada beberapa macam, yaitu membelah diri, bertelur melahirkan, dan bertelur-melahirkan.


Cara Hewan Berkembang Biak


a. Membelah diri dan bertunas

Membelah diri dan bertunas merupakan cara perkembangbiakan hewan tanpa melalui proses perkawinan.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan membelah diri adalah protozoa Hewan tingkat rendah yang termasuk jenis protozoa antara lain Amoeba (amuba) dan Paramecium. Kata protozoa berasal dari bahasa Yunani (protos = pertama, zoon = hewan).

b. Bertelur

jenis hewan yang berkembang biak dengan bertelur adalah bangsa burung, ikan, serangga, dan hewan amfibi. Cara berkembang biak de- ngan bertelur disebut ovipar. Ovipar berasal dari emberi kata ovum, yang berarti telur. Burung merpati, elang, ayam, dan bebek merupakan bangsa burung.


c. Melahirkan

Cara berkembang biak dengan melahirkan disebut vivipar. Hewan-he- dan wan yang melahirkan anaknya antara lain kucing, anjing, sapi, kijang harimau. Hewan-hewan tersebut hidup di darat. Ada juga hewan air yang berkembang biak dengan melahirkan, misalnya pesut, lumba-lumb paus. Pesut, lumba-lumba, dan paus tidak termasuk golongan ikan. Selain itu, pesut, lumba-lumba, dan paus bernapas dengan paru-paru.


d. Bertelur-melahirkan

Cara berkembang biak dengan bertelur-melahirkan disebut ovovivipar. Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara itu adalah bangsa reptil, yaitu beberapa jenis ular dan beberapa jenis kadal. Mungkin kamu agak bingung membaca istilah bertelur-melahirkan. Cara bertelur-melahirkan merupakan perpaduan cara bertelur dan cara melahirkan. Seperti hewan yang bertelur, hewan betina yang ovovivipar juga mengeluarkan telur dari tubuhnya.

Comments


EmoticonEmoticon